INOVASI PELAYANAN PUBLIK BERBASIS IT APLIKASI GO SIGAP

 POLRES GRESIK

 

PENDAHULUAN

1. Dasar

  1. Rencana Kerja Polres Gresik Tahun Anggaran 2016
  2. Inovasi Kapolres Gresik terkait Inovasi Pelayanan Publik berbasis IT yang dinamakan dengan “GO SIGAP“

2. Maksud dan Tujuan

Untuk memberikan gambaran kepada pimpinan tentang Laporan hasil pembentukan GO aplikasi GO SIGAP dimana merupakan Inovasi Polres Gresik terkait pelayanan Publik berbasis IT sebagai pertanggung jawaban terhadap perintah atasan atas terlaksananya Inovasi Polres Gresik terkait pelayanan Publik berbasis IT dimaksud.

PELAKSANAAN

1. Waktu dan tempat

Inovasi Polres Gresik terkait pelayanan Publik berbasis IT  dalam bentuk Aplikasi GO SIGAP ini dapat di download mulai tanggal 1 September 2016 di Playstore dan telah di launching oleh Bapak Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Bapak Kepala KepolisianRepublik Indonesia di Sidoarjo pada hari Kamis 1 September 2016.

2. Instansi yang terlibat dalam Aplikasi GO SIGAP

  1. POLRI;
  2. Rumah Sakit;
  3. Damkar
  4. PLN;
  5. PDAM;
  6. Mitra Bantuan Pencari;
  7. BASARNAS;
  8. TNI;
  9. Satpol PP;

3. Kegiatan

  1. Selaras dengan Nawa Cita Presiden RI dimana Negara harus hadir di tengah masyarakat, serta melaksanakan program prioritas Kapolri untuk mewujudkan polisi yang profesional Modern dan terpercaya (Promoter), polda Jawa timur melalui polres gresik menciptakan inovasi dalam modernisasi pelayanan publik.
  2. GO SIGAP adalah layanan publik berbasis IT yang terintegrasi secara Online dan Offline dengan melibatkan multi instansi dalam rangak memenuhi kebutuhan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. Aplikasi ini dapat di instal pada Smartphone (HP) yang berbasis Android dan IOS.
  3. GO SIGAP secara resmi telah di Launching oleh Bapak Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Bapak Kepala KepolisianRepublik Indonesia di Sidoarjo pada hari Kamis 1 September 2016.

4. Hasil Pelaksanaan

GO SIGAP telah dibuat Polri ke masyarakat, Polri Ke Polri, Polri ke Mitra Polri (Pemadam kebakaran, Ambulance, Rumah Sakit, Satuan Pengamanan, Basarnas, PLN, dll), mitra Polri ke masyarakat. Dalam GO SIGAP, Masyarakat diajak untuk mengetahui fitur-fitur dan fungsi-fungsi dari aplikasi GO SIGAP. Ada beberapa fitur yang dapat digunakan oleh masyarakat tanpa harus melakukan registrasi terlebih dahulu diantaranya : Informasi terkini, informasi kantor polisi, kantor pemerintahan, tempat wisata, nomor-nomor penting, dan berita yang bermanfaat bagi penggunanya. Sedangkan untuk fitur utama seperti : Panic Button (Tombol bantuan darurat), pengaduan, laporan polisi, Layanan surat kehilangan, pengajuan SIM, dan pengajuan SKCK, pengguna harus melakukan registrasi dengan data yang valid terlebi dahulu. Data yang dimaksud antara lain : kartu identitas penduduk (KTP), SIM, Passport, Nomor Telepon dan Foto.

 

III.  PENUTUP

Demikian Laporan hasil pembentukan GO aplikasi GO SIGAP dimana merupakan Inovasi Polres Gresik terkait pelayanan Publik berbasis IT dibuat sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas dan dapatnya digunakan sebagai bahan masukan bagi Pimpinan dalam mengambil langkah kebijaksanaan selanjutnya.